Pertemuan 2
BAB 5
PROSES KERJA PEMBUATAN CONTOH PRODUK
A. C. Pemetaan Keberagaman Produk
Salah satu peLuang pasar dapat dilihat dengan cara mengamati konsumen focus pengamatannya meliputi:
1. Barang dan jasa apa yang paling di butuhkan konsumen
2. Berapa banyak yang mereka butuhklan?
3. Kualitas yang mana yang paling tepat ?
4. Beerapa banyaknya?
Cara dalam merekayasa produk barang dan jasa agar di minati oleh konsumen, diantaranya :
1. Jenis-jenisnya di perbaharui
2. Kualitasnya di beda-bedakan dan di tingkatkan
3. Model dan desainnya bermacam-macam dan di bedakan
4. Kemasan.
Pengembangan produk meruoakan serangkaian aktivitas yang dimulai dengan anaisa persepsi dan peluang. Fungsi penting bagi proyek pengembangan produk diantaranya :
a. Pemasaran , fungsi pemasaran yaitu menjembatani interaksi antara perisahaan dengan pelanggan.
b. Perancangan (Desain), Fungsi perancangan memegang peranan penting dalam mendefinisikan bentuik fisik produk agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
c. Manufaktur, Fungsi Manufaktur iyaitu bertanggungjawab untuk merancang dan mengoperasikan system produk pada proses produksi produk.
Proses pengembangan produk melalui 6 tahapan proses, yaitu:
1. Fase 0, Perencanaan produk
2. Fase 1, Pengembangan konsep
3. Fase 2, Perencanaan tingkat system
4. Fase 3, Perancangan detail
5. Fase 4, Pengujian dan perbaikan
6. Fase 5,Produksi awal
Langkah-langakah yang perlu di lakukan suatu perusahaan yang akan melakukan aktivitas produksi, di antaranya:
1) Menentukan yang di butuhkan pasar
2) Kebijakan perusahaan
3) Strategi bisnis
4) Pencarian ide
5) Mensitesis ide-ide
6) Membuat perencanaan yang detil
7) Memproduksi
8) Memasarkan
Faktor-faktor kunci atau faktur utama seorang wirausaha dalam mengembangkan produk baru agar mampu survive atau bertahan dengan pesaing :
1) Unik
2) Fokus pada pelanggan dan berorientasi pasar
3) Melakukan pekerjaan rumah yang penting
4) Ketajaman dalam definisi produk yang akan di kembangkan
5) Keseimbangan pelaksanaan, tidak boleh ada fase yang terputus atau di dahulukan
6) Struktur organisasi dan iklan perusahaan
7) Keputusasaan yang tepat dalam memilih suatu proyek
8) Memasarkan dengan baik produk yang dibuat
9) Keputusan yang tepat dari top manajemen
10) Meningkatkan kecepatan produksi tanpa mengorbankan kualitas
11) Mampu mengikuti proses-proses terbau dengan sistematis
12) Mampu menarik perhatian pasar
13) Berpengalaman dan memiliki kemampuan dasar yang baik
14) Faktor-faktor lain yang mungkin berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan.
Berikut ini merupakan strategi atau metode seorang wirausahawan untuk mengembangkan produk baru :
1) Menentukan berapa tingkat pertumbuhan yang diharapkan dari produk baru tersebut,
2) Menggali informasi perihal kemampuan
3) Mencari peluang-peluang yang ada
4) Mengembangkan daftar pilihan produk saat ini
5) Mengeset kriteria apa saja yang diperlukan oleh produk yang akan di buat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar
6) Menentukan portofolio produk
7) Mengelola portofolio untuk meningkatkan keuntungan.
B. D. Proses pengembangan Produk Baru
1. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan
Sasaran kegiatan ini adalah untuk memahami kebutuhan konsumen dan mengkomunikasikannya secara efektif kepada tim pengembangan.
Tujuan metode identifikasi kebutuhan pelanggan adalah :
a. Meyakinkan bahwa produk telah si fokuskan terhadap kebutuhan konsumen
b. Mengidentifikasikan kebutuhan konsumen yang tersembunyi dan tidak terucapkan .
c. Menjadi basis untuk menyusun spesifikasi produk
d. Menjamin tidak adanya kebutuhan konsumen penting yang terlupakan.
e. Menanamkan pemahaman bersama mengenai konsumen diantara anggota tim pengembang.
2. Penetapan Spesifikasi Target
Spesifikasi merupakan terjemahan dari kebutuhan konsumen menjadi kebutuhan secara teknis. Proses pembuatan target spesifukasi terdiri 3 langkah yaitu :
a. Menyiapkan daftar matrik kebutuhan dengan tingkat kepentingan yang diturunkan dari tijngkat kepentingan kebutuhan yang di refleksikannya.
b. Mengumpilkan informasi tentang pesaing dan mengkomunikasikannya dengan tingkat kepuasan dari pelanggan produk pesaing.
c. Menetapkan nilai target ideal dan marginal yang dapat dicapai untuk setiap metric.
3. Penyusunan Konsep
Konsep produk adalah sebuah gambaran atau perkiraan mengenai teknologi, prinsip kerja, dan bentuk produk. Proses penyusunan produk ada 4 langkah, yaitu :
a. Pemaparan masalah dengan diagram fungsi
b. Pencarian eksternal
c. Pencarian internal
d. Penggalian secara sistematis dengan pojhon klasifikasi dan tabel kombinasi.
4. Pemilihan Konsep
Pemilihan konsep merupakan kegiatan dimana berbagai konsep di analisis secara berturut-turt, kemudian di eliminasi untuk mengidentifikasi konsep yang peling menjanjikan. Pemilihan konsep terdiri atas dua tahap , yaitu :
a. Penyaringan konsep
Tujuannnya dalah mempersempit jumlah konsep secara cepat dan untuk memperbaiki konsep.
b. Penilaian konsep
Pada tahap ini tim memberikan bobot kepentingan relative untuk setiap criteria seleksi dan memfokuskan pada hasil petbandingan yang lebih baik dengan penekanan pada setiap kriteria.
5. Pengujian Konsep
Konsep di uji untuk mengetahui apakah kebutuhan konsumen telah terpenuhi, memperkirakan potensi pasar dari produk, dan mengidentifikasi beberapa kelemahan yang harus di perbaiki selama proses pengembangan selanjutnya.
6. Penentuan Spesifikasi Akhir
Spesifikasi pada tahap ini tim harus konsisten dengan nilai-nilai besaran spesifik yang mencerminkan batasan-batasan pada konsepproduk itu sendiri.
7. Perencanaan Proyek
Pada kegitan ini tim membuat suatu jadwal pengembangan secara rinci , menentukan strategi utnuk meminimalisai waktu pengembangan, dan mengidentifikasi sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikan proyek.
8. Analisis ekonomi
Analisis ini digunakan untuk memastikan kelanjutan program pengembangan menyeluruh dan memecahkan tawar menawar spesifik.
9. Analisis Produk Pesaing
Analisis pesaingh di lakukan untuk mendukung banyak kegiatan awal sampai akhir.
10. Permodelan dan Pembuatan Prototipe
Contoh sistematika rencana pembuatan produk secara sederhana:
a. Nama prdouk dan merek
b. Alat investasi atau peralatan
c. Bahan baku
d. Penetapan harga proses dan harga jual
e. Rencana keuangan
f. Analisis Usaha
g. Kesimpulan
Komentar
Posting Komentar