Langsung ke konten utama

Analisis Peluang Usaha


A. Analisis Peluang Usaha
Analisis peluang usaha adalah suatu analisis untuk mengetahui berbagai kemungkinan dari berbagai macam kesempatan usaha, mana yang bisa dilakukan dan bisa memberikan keuntungan dengan berbagai tingkat resiko yang akan di hadapi.
Untuk  dapat  menggali  dan  memanfaatkan  peluang  usaha,  seorang  wirausaha harus dapat berfikir secara positif dan kreatif, diantaranya yaitu:
1.   Percaya dan yakin bahwa usaha tersebut dapat dilaksanakan
2.   Mau menerima gagasan atau ide-ide baru
3.   Memiliki semangat kerja yang tinggi
4.   Mampu berkomunikasi dengan baik
5.   Bertanya pada diri sendiri
6.   Mau mendengarkan saran orang lain

B. Persiapan Peluang Usaha

Untuk melakukan analisis peuang usaha di butuhkan persiapan sebagai berikut.

1.     Meneliti luas usaha yang dipilih

2.     Bentuk usaha

3.     Jenis usaha yang ditekuni

4.     Mengenal informasi usaha yang diterima

5.     Memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan

Langkah-langkah analisis peluang usaha :

1.     Membuat sketsa bidang usaha yang ditekuni

2.     Penyediaan modal

3.     Mengurus izin usaha

4.     Menyiapkan tenaga kerja

5.     Menyiapkan sarana

6.     Menyiapkan bahan baku

7.     Menetapkan lokasi

8.     Menetapkan metodologi

9.     Menetapkan teknologi usaha

10.  Menetapkan Manajemen

11.  Mencari Mitra Usaha



C. Tujuan Analisis Peluang Usaha

Secara umum tujuan   analisis peluang usaha adalah untuk mengetahui apakah usaha tersebut layak dikerjakan atau tidak. Oleh sebab itu seorang wirausaha harus cermat, yakin dan berani.
Tujuan analisis peluang usaha :

    Untuk menemukan peluang usaha.

    Untuk menemukan potensi usaha.

    Untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia.
    Untuk mengetahui berapa lama usaha bertahan

D. Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

Seorang wirausaha senantiasa dihadapkan dalam dua kemungkinan, yakni keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan usaha. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan keberhasilan dan kegagalan usaha.
1.    Faktor-faktor penyebab keberhasilan wirausaha
Keberhasilan  dan  kegagalan  dalam  menjalankan  suatu  usaha  dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang wirausaha dalam mengelola usaha:
a.    Faktor manusia

1)   Kepribadian

Kepribadian atau karakter seseorang sangat menunjang keberhasilannya. Karakter bisa bawaan dari lahir  namun bisa juga di latih secara terus-menerus. Kemauan keras untuk berubah dan lingkungan sangat  berpengaruh bagi pembentukan karakter.
2)   Ilmu Pengetahuan

Ilmu, membantu kita dalam menghadapi berbagai persoalan. Dalam mengelola usaha seorang wirausaha dihadapkan dengan berbagai macam kondisi.
3)   Pengalaman yang dimiliki

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Kita bisa belajar dari pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Pengalaman  orang lain  bisa kita amati secara langsung, bisa juga berupa  kisah  inspiratif  bisa  di  dapatkan  melalui  buku,  maupun media elektronik seperti televisi, internet.
b.    Keuangan

Faktor keuangan merupakan salah satu pendukung keberhasilan dalam usaha. Tanpa adanya modal, usaha tidak mungkin bisa berjalan. Modal tersebut digunakan untuk membiayai pengeluaran, seperti pembelian bahan baku, peralatan, perlengkapan kerja, gaji karyawan, promosi dan kegiatan operasional lainnya. Uang memang bukan segalanya tapi segalanya membutuhkan uang.
c.     Perencanaan

Perencanaan yang matang sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan usaha. Agar usaha yang mau dijalankan bisa terarah, dan tidak asal berjalan maka dibutuhkan planning yang matang. Perencanaan dapat dimulai saat usaha itu mau didirikan, misal:
-    Produk apa yang mau dibuat

-    Berapa modal yang dibutuhkan

-    Siapa calon konsumen sasarannya

-    Dimana tempat usahanya

-    Siapa yang terlibat dalam kegiatan usaha d.    Pemasaran
Pemasaran produk merupakan faktor sangat penting. Sebagus apapun

produk, bila tidak mampu memasarkannya,  maka produk tidak dapat menjangkau konsumen yang dituju. Oleh sebab itu harus dipikirkan, misalnya:
-     Siapa yang akan memasarkan produk

-     Siapa yang akan beli (pembeli potensial) produk

-     Apa strategi yang digunakan

Selain faktor diatas, keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan usaha menurut Adyaksa Dault harus dilandasi dengan falsafah yang dikenal dengan nama “ DORAEMON, yaitu sebagai berikut:
รบ     Dream      : memiliki impian

รบ     Opportunity         : mampu mencari peluang usaha

รบ      Reform     :   menyusun   perencanaan   dan   mengimplementasikan secara sistematis
รบ     Action       : melakukan suatu tindakan

รบ     Energy     : memiliki semangat yang tinggi

รบ     Mapping  : bisa melakukan pemetaan usaha dengan analisis SWOT

รบ     Organizing            : bergabung dengan organisasi atau perkumpulan

รบ     Network  : memiliki jaringan atau relasi yang luas


2.    Faktor-faktor penyebab kegagalan wirausaha
Keberhasilan dan kegagalan wirausaha sangat tergantung dari kepribadian wirausaha  itu  sendiri.  Menurut  Zimmerer  yang  menyebabkan  wirausaha
gagal dalam menjalankan usahanya adalah:

Tidak kompeten dalam manajerial’

Kurang
berpengalaman
Tidak bisa mengelola keuangan
Lokasi yang kurang mendukung
Gagal dalam perencanaan
Sikap yang kurang bersungguh-sungguh
Ketidakmampuan     dalam     melakukan
peralihan
atau
transisi

kewirausahaan



Kurang pengawasan peralatan





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 6 Proses Kerja Pembuatan Produk (Pertemuan 1)

  Proses Kerja Pembuatan Produk Dari Prototipe Hingga Barang Jadi Perkembangan perdagangan di Indonesia saat ini semakin pesat, munculnya berbagai jenis produk barang atau jasa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dari produk yang kecil sampai produk yang berteknologi canggih. Namun sayangnya, produk-produk tersebut masih didominasi oleh produk dari negara lain. Kejelian dalam melihat sebuah peluang usaha dan melihat kebutuhan serta keinginan pasar yang ada dapat memberikan inspirasi dalam memilih produk apa yang akan dibuat atau ditawarkan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha untuk dapat memilih produk apa yang akan djual atau ditawarkan kepada konsumen. Selain itu, kemampuan dalam berinovasi dan berkreasi sangat dibutuhkan dalam prosesnya. Setelah seorang wirausaha menentukan produk yang akan dibuat atau ditawarkannya, proses selanjutnya adalah pembuatan prototipe yang menjadi model awal sebuah produk

BAB 4 RANCANGAN PROTOTYPE DAN PEMBUATAN KEMASAN PRODUK KREATIF (Pertemuan 9)

  G . Kl a s i f i kasi K e m a s a n   Kemasan d a p at d ig o lon gk an a t as b e b era p a hal a n t a r a lain :   1 . Be rd as a rk an f r ek u e n si d ari p emakai a n   a.     Kemasan sekali p akai ( d i s p o sab l e )   Kemasan sekali p akai ( d i s p o sab l e ) y a i tu k emas a n y a n g langs u ng d i b uang se t elah d i p ak a i. C ontoh bun gk us p lastik untuk es, bun g k us d ari d au n - d aun a n, k otak k arton li p at minuman s a r i b uah. b .     Kemasan y a n g d a p at d i p akai ber u lang k ali ( m u l t i t ri p )   Kemasan y a n g d a p at   d i p akai ber u lang k ali ( m ult i t ri p ) se p erti: bot o l minuman, botol k eca p , botol si r up. c.     Kemasan   a t au   w a d ah   y a n g   t i d ak   d i b uang   a t au   d ikembali k an   oleh   k onsu m en ( semi d i sp o s a bl e )   Wa d a h - w a d ah t e r se b ut bi a sa n y a d ig u n a k an u n tuk k e p e n t i nga