Langsung ke konten utama

Pengertian Wirausaha

A. Pengertian Wirausaha


Etimologi kata wirausaha adalah berasal dari kata wira” dan usaha.

Wira” berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani  dan  berwatak agung. Kata wira”  juga digunakan dalam kata “perwira. Sedangkanusaha” berartiperbuatan untuk mencapai sebuah tujuan. Jadi, secara etimologis/harfiah, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.
Seorang wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi wirausaha menurut beberapa ahli:

1.    Syamsudin Suryana

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi  pada  tugas  dan  hasil,  pengambil  resiko  yang  wajar, kepemimpinan  yang  lugas,  kreatif  menghasilkan  inovasi,  serta  berorentasi pada masa depan.
2.    Prawirokusumo

Wirasusaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.
3.    Joseph Schumpeter

Wirausaha adalah seorang inovator yang melakukan berbagai perubahan di dalam  pasar  lewat  penggabungan  beberapa  hal  atau  sesuatu  yang  baru. Adapun sesuatu yang baru tersebut bisa dalam bentuk:
ú    Ada produk baru yang dikenalkan
ú    Ada metode produksi baru

ú    Dibukanya pasar yang baru

ú    Diperolehnya sumber pasokan baru dari komponen yang baru

ú    Dijalankannya suatu organisasi baru pada sebuah perusahaan
Wirausaha atau enterpreneur memiliki pandangan bahwa seorang penemu bisnis yang sama sekali baru dan mampu mengembangkan menjadi perusahaan yang mencapai kesuksesan.
Ciri-ciri Enterpreneur antara lain :
1. Fokus yang terkendali
2. Berenergi yang tinggi
3. Kebutuhan akan prestasi
4. Berorientasi terhadap keraguan
5. Percaya diri
6. Berorientasi terhadap tindakan


B. Karakter Wirausaha

Wirausahawan   adalah   oran yan menjalankan   usaha   atau   perusahaan dengan kemungkinan menanggung resiko seperti kerugian. Oleh sebab itu seorang wirausaha harus memiliki kesiapan mental, baik pada saat menghadapi keadaan yang merugikan maupun saat ia mendapatkan untung besar.
Karakter  wirausaha  yang  harus  dimiliki  oleh  seorang  yang  ingin  menjadi

wirausahawan agar sukses dalam menjalankan usahanya diantaranya adalah:

1.     Kreatif

Kemampuan seseorang untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan pola pikir dan tindakan yang berbeda.
2.     Inovatif

Proses  menghasilkan  sesuatu  gagasan  atau  penemuan  baru  yang dapat diterima atau dijual ke masyarakat. Terkadang inovasi itu berupa ide yang sederhana dan sepele, asal merupakan sesuatu yang atau sesuatu yang lebih baik dari yang sudah ada.
3.     Berani

Seorang wirausaha harus memiliki sifat berani dalam mengambil keputusan dan juga berani dalam mengambil resiko tentunya dengan perhitungan yang cermat.
4.     Kepemimpinan

Karakter kepemimpinan berarti seorang wirausaha    harus bisa mengelola dan  mengatur bisnisnya dalam mencapai tujuan.
5.     Mampu berkomunikasi

Seorang wirausaha harus mampu menyampaikan gagasan dan pesan baik secara internal (kepada karyawan) maupun secara eksternal kepada mitra usaha.
6.     Kerjasama

Kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan beberapa pihak dalam menjalankan usahanya. Itu artinya ia harus mampu bergandengan tangan untuk melangkah bersama-sama.
7.     Mandiri

Seorang wirausaha adalah pribadi yang mandiri, tidak menggantungkan masa depannya pada orang lain.
8.     Percaya diri

Percaya pada kemampuan diri itu sangat penting. Rasa percaya diri ini yang menyebabkan ia mantap dalam melangkah dan mewujudakan impiannya.
9.     Jujur

Jujur merupakan akar dari semua karakter. Seberapa hebat kemampuan yang dimiliki oleh seseorang, bila tidak memiliki kejujuran, maka semua akan sirna, kepercayaan orang lain terhadap diri kita akan hilang.
10 Pantang menyerah

Karakter   pantang   menyerah   penting   terutama   saa menghadapi resiko kegagalan. Dalam proses dinamika menjalankan usaha banyak lika liku yang dihadapi. Kegagalan satu ke kegagalan berikutnya. Gagal dan bangkit lagi.


Karakter wirausaha menurut Bygrave ada sepuluh, dikenal dengan 10 D, yaitu sebagai berikut:
1)  Dream : memiliki keinginan untuk mewujudkan impian di masa depan

2)  Decisiviness : mampu membuat keputusan secara cepat dan tepat

3)  Doers : melakukan tindak lanjut terhadap keputusan yang diambil

4)  Determination    melaksanakan   kegiatan   dengan   penuh  perhatian, tanggung jawab dan pantang menyerah
5)  Dedication : memiliki dedikasi yang tinggi dan rela berkorban

6)  Devotion : tidak mengenal lelah, fokus dalam memperhatikan bisnisnya

7)  Details : mampu menganalisa secara rinci sampai ke hal-hal kecil

8)  Destiny : mampu merumuskan tujuan yang hendak dicapai

9)  Dollars : uang bukan semata-mata tujuan yang hendak dicapai

10)Distribute : mampu mendistribusikan atau membagi tugas, wewenang dan kepemilikan kepada orang lain.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 6 Proses Kerja Pembuatan Produk (Pertemuan 1)

  Proses Kerja Pembuatan Produk Dari Prototipe Hingga Barang Jadi Perkembangan perdagangan di Indonesia saat ini semakin pesat, munculnya berbagai jenis produk barang atau jasa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dari produk yang kecil sampai produk yang berteknologi canggih. Namun sayangnya, produk-produk tersebut masih didominasi oleh produk dari negara lain. Kejelian dalam melihat sebuah peluang usaha dan melihat kebutuhan serta keinginan pasar yang ada dapat memberikan inspirasi dalam memilih produk apa yang akan dibuat atau ditawarkan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha untuk dapat memilih produk apa yang akan djual atau ditawarkan kepada konsumen. Selain itu, kemampuan dalam berinovasi dan berkreasi sangat dibutuhkan dalam prosesnya. Setelah seorang wirausaha menentukan produk yang akan dibuat atau ditawarkannya, proses selanjutnya adalah pembuatan prototipe yang menjadi model awal sebuah produk

Analisis Peluang Usaha

A. Analisis Peluang Usaha A n a lis i s p eluang usaha a d alah suatu a n alisis untuk menget a h u i berba g ai k emun gk i n an d ari berba g ai mac a m k es e mp a t a n usaha, m a na y a n g bisa d ilak uk an d an bisa membe r ikan k eun t un g an d e n g an berba g ai t i ng k at r es i k o y a n g akan d i h a d a p i. Un t uk   d a p at   meng g ali   d an   memanfaa t k an   p eluang   usaha,   seora n g   w irausaha ha r us d a p at ber f ikir se c ara p osit i f d an kr e a t i f, d i a n t aranya y a i tu: 1 .     P e r ca y a d an y akin b ah w a usaha t ersebut da p at d ilaksan a k an 2 .     M au men e r ima ga g as a n a t a u i d e -ide b a r u 3 .     M emiliki sema n g at k e r j a yang ti n gg i 4 .     M am p u ber k o m unikasi d e n g an ba i k 5 .     Be r t a nya p a d a d iri se n d iri 6 .     M au men d e n g ar k an saran o r a n g lain B .   P ers i a p a n P el ua n g U s ah a U n tuk mela k u k a

BAB 4 RANCANGAN PROTOTYPE DAN PEMBUATAN KEMASAN PRODUK KREATIF (Pertemuan 9)

  G . Kl a s i f i kasi K e m a s a n   Kemasan d a p at d ig o lon gk an a t as b e b era p a hal a n t a r a lain :   1 . Be rd as a rk an f r ek u e n si d ari p emakai a n   a.     Kemasan sekali p akai ( d i s p o sab l e )   Kemasan sekali p akai ( d i s p o sab l e ) y a i tu k emas a n y a n g langs u ng d i b uang se t elah d i p ak a i. C ontoh bun gk us p lastik untuk es, bun g k us d ari d au n - d aun a n, k otak k arton li p at minuman s a r i b uah. b .     Kemasan y a n g d a p at d i p akai ber u lang k ali ( m u l t i t ri p )   Kemasan y a n g d a p at   d i p akai ber u lang k ali ( m ult i t ri p ) se p erti: bot o l minuman, botol k eca p , botol si r up. c.     Kemasan   a t au   w a d ah   y a n g   t i d ak   d i b uang   a t au   d ikembali k an   oleh   k onsu m en ( semi d i sp o s a bl e )   Wa d a h - w a d ah t e r se b ut bi a sa n y a d ig u n a k an u n tuk k e p e n t i nga